PKM UNJ Part 2

Bismillahirohmanirohim,
Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (PKM UNJ) 2 jilid 1 kembali diselenggarakan di Gedung Sertifikasi Guru Lantai 8. Acara tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai prodi dan fakultas yang ada dalam Universitas Negeri Jakarta.

Acara dibuka pada pukul 09.00 dengan dibuka melalui Tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan totalitas perjuangan. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari kelompok 5 tentang BEM STEI TAZKIA dan Kementerian Pertanian. Lalu dilanjutkan dengan materi Manajemen Isu oleh H. Arya Sandhiyudha, Ph. D yang dimoderatori oleh Ilham Mubarak.

Beliau merupakan pakar dibidang politik internasional, adapun materi yang beliau sampaikan adalah sebagai berikut :

Tipologi Manajemen Isu: Pekerja, Pemikir, lobby, Engineer atau Designer, Selebriti, Leader. Yang harus diperhatikan dalam penyampaian pesan kepada media: Pesan yang disampaikan bersifat baru, penting, quotable, menarik dan unik; mengirimkan press releasenya ke media; setting agenda media; berteman dengan orang-orang media; memperhatikan perkembangan media massa.

Berikut adalah 8 hal penting dalam memanajemen isu:
– Pentingnya media massa
– Debat dan diskusi di parlemen
– Berdebat Mengenai UU
– Mengembangkan kebijakan baru yang melayani publik penulis.
– Analisis dan Investigasi hal yang jadi perhatian kelompok kepentingan
– Memaparkan petisi yang jadi perhatian kelompok kepentingan
– Pengelolaan dapil
– How to deal with people

Materi dilanjutkan dengan tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab berakhir, kegiatan dipending untuk melaksanakan sholat dzuhur bersama-sama.

Setelah shalat dzuhur lalu kegiatan dilanjutkan dengan sosiodrama mengenai beberapa isu luar kampus (Hak Angket DPR, TDL, Supremasi Hukum  Kekerasan Seksual, Reklamasi), dan para peserta dibagi kedalam 4 kelompok. Setelah semua peserta menunjukan penampilannya, kemudian diberi tanggapan oleh mahasiswa dari BEM UNJ. Lalu PKM UNJ 2 Jilid 1 ditutup dengan membaca hamdalah.

PKM UNJ 2 Jilid 2

Keesokan harinya pada tanggal 18 Juni 2017 kembali diselenggarakan PKM UNJ 2 Jilid 2 di Aula Daksinapati. Acara dibuka oleh Muhammad Yan Handoko selaku MC. Lalu dilanjutkan dengan presentasi kelompok yang belum mempresentasikan penugasan kelompoknya. Kelompok yang belum presentasi berjumlah 14 kelompok. Kemudian, acara dipending untuk melaksanakan sholat dzuhur berjama’ah.

Setelah melaksanakan sholat dzuhur presentasi penugasan kelompok kembali dilanjutkan dan berakhir hingga pukul 14.45. Kemudian acara dilanjutkan dengan forum diskusi mengenai beberapa isu dalam kampus, dan para peserta dibagi kedalam 4 kelompok. Diskusi berakhir hingga pukul 17.20, lalu PKM UNJ 2 Jilid 2 ditutup dengan membaca hamdalah.

Leave a comment