PKM UNJ Part 3 – Pengabdian Masyarakat

Bismillahirohmanirohim,
Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (PKM UNJ) 3 kembali diselenggarakan di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Kali ini, PKM UNJ 3 dalam bentuk nyata Pengabdian Masyarakat. Kurang lebih selama 14 hari (dua minggu) mulai dari tanggal 21 Juli hingga 3 Agustus 2017 kita melaksanakan Pengabdian Masyarakat. Pengabdian masyarakat merupakan rangkaian terakhir dari agenda Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa UNJ, diharapkan para peserta PKMUNJ dapat memberikan kontribusi aktifnya kepada masyarakat sekitar. Seperti yang telah diketahui, bahwa Kampung Akuarium telah digusur 1 tahun lalu, tepatnya tanggal 11 April 2016. Namun, warga kp. Akuarium masih menempati daerah tersebut, yang bangunan-bangunannya telah rata dengan tanah. Sehingga ada yang mendirikan tenda, rumah dengan bahan seadanya, dan mushola Al-Jihad yang masih berdiri kokoh.

Warga-warganya ramah, kami sering sharing dan berbincang terkait kehidupan mereka di tanah yang telah digusur. Banyak anak-anak disana yang notabennya adalah calon pemimpin bangsa sekaligus masa depan bangsa Indonesia dalam keadaan yang memperihatinkan. Kami melakukan survey apa yang dibutuhkan oleh warga kampung Akuarium. Kami sepakat untuk akhirnya membangun perpustakaan kecil, untuk sarana belajar anak-anak disana. Kami membagi tugas kedalam beberapa bagian, ada yang bertugas melakukan pengajaran untuk anak-anak, ada yang bertugas membangun perpustakaan, ada yang membuat makanan untuk yang sedang bertugas disana, dan ada pula yang berdagang, mencari donasi untuk membeli bahan bangunan untuk keperluan pembangunan perpustakaan.

Semoga yang kami berikan dapat bermanfaat khususnya untuk warga Kampung Akuarium dan umumnya untuk masyarakat Indonesia. Dan semoga dengan adanya Pengabdian Masyarakat ini, kita semakin peka terhadap lingkungan sekitar. Karena diluar sana masih banyak orang-orang yang mengharapkan dan membutuhkan kontribusi kita untuk Indonesia yang lebih baik.

 

#PKMUNJ2017

#PemudaMasaKini

#PemimpinMasaDepan

Leave a comment