Mengenal PHP (Hypertext Preprocessor)

Apasih PHP itu? apakah Pemberi Harapan Palsu? hmmm…. bisa jadi heheee tapi yang akan saya bahas kali ini dalah PHP yang lainnya :p yang pasiti PHP ini bukan yang bikin galau, melainkan PHP yang bisa bikin pinter, menghasilkan uang, dan masih banyak manfaat lainnya.

Pengertian PHP

PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor yaitu bahasa pemprograman web server-side yang bersifat open source. PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server (Server Side HTML Embeded Scripting). PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman website yang dinamis. Dinamis berarti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu terbaru/up to date.

Pencipta PHP Script

Siapa sih yang menciptakan PHP? munkin kalian pernah mendengar php maupun sudah sering menggunakan bahasa pemprograman yang satu ini, namun saya yakin belum semua yang menggunakannya mengetahui siapa pencipta dari PHP Script ini. Pencipta dari PHP script adalah Rusmus Lerdorf. Ia dilahirkan pada tanggal 22 November 1968 di Qeqertarsuaq, Greenland, Denmark. Rasmus menulis dua versi pertama di PHP.

Keuntungan Mempelajari PHP

Beberapa keuntungan kita mempelajari bahasa PHP :

  • Kesederhanaan. User yang baru belajar pemprograman, alasan ini pasti merupakan alasan utama untuk memulai belajar PHP, makanya kita menjadi merasa mudah untuk belajar PHP. User yang sedikit tahu atau bahkan sama sekali tidak mengerti tentang pemprograman PHP bisa dengan cepat belajar dan mencoba membuat aplikasi web PHP.
  • Dalam sisi pemahaman, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  • PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti : Linux, Unix, Macintosh, dan Windows. PHP dapat dijalankan secara runtime melalui console serta dapat menjalankan perintah-perintah system. Open source artinya code-code PHP terbuka untuk umum dan kita tidak harus membayar biaya pembelian atas keaslian license yang biasanya cukup mahal. Karena source code PHP tersedia secara gratis, maka hal tersebut memungkinkan komunitas milis-milis dan developer untuk selalu melakukan perbaikan, pengembangan dan menemukan bug dalam bahasa PHP.
  • Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari Apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan configurasi yang relatif mudah.

PHP juga dilengkapi dengan berbagai macam pendukung lain seperti support langsung ke berbagai macam database yang populer, misalnya Orade, PostgreSQL, MySQL dan lain-lain.

Didalam postingan-postingan berikutnya nanti saya akan menambahkan pengetahuan terkait PHP dan Internet, serta beberapa tutorial codingan PHP script mulai dari dasar 🙂

Leave a comment